BI Kepri Siapkan Rp 1,9 Triliun Penukaran Uang Selama Ramadhan

BI Kepri Siapkan Rp 1,9 Triliun Penukaran Uang Selama Ramadhan

BI Kepri Siapkan Rp 1,9 Triliun Penukaran Uang Selama Ramadhan

INEWSKEPRI.COM|BATAM - Bank Indonesia Provinsi Kepri bersinergi dengan perbankan, menyelenggarakan semarak rupiah ramadan (Serambi ) 2023 Kepulauan Riau, yang diluncurkan pada Senin ( 27/03).

Serambi 2023 diawali dengan seremoni pelepasan armada mobil layanan kas keliling Bank Indonesia dan perbankan.

Selain itu momentum peluncuran serambi 2023 juga disertai dengan edukasi rupiah dan pemberian santunan kepada perwakilan santri dan anak yatim piatu di kota Batam.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri Suryono menyebutkan, selama periode ramadhan ini, masyarakat dapat mengakses layanan pemenuhan kebutuhan uang kartal sampai dengan tanggal 20 april 2023 nanti.

Dana sebesar Rp 1,9 triliun disiapkan oleh BI Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk menukarkan uang selama bulan ramadhan hingga idul fitri 1444 hijriah.

Jumlah dana tersebut meningkat sebesar 11,76 persen dibandingkan ramadhan 2022 yang sebesar Rp 1,7 triliun .

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, BI pusat memiliki ketersediaan sekitar Rp490 triliun lebih. Kami akan penuhi kebutuhan semua warga dan juga tentunya dari perbankan semuanya sudah siap," kata Suryono.

Selama periode ramadhan dan idul fitri 2023 kebutuhan uang secara nasional diperkirakan meningkat menjadi sebesar 195 triliun atau naik 8,22 persen dibandingkan 2022 yang sebesar Rp 180 triliun.

Kemudian untuk wilayah Sumatera meningkat dari Rp34 triliun menjadi Rp39 triliun.

"Pada tahun ini, akan terdapat 5.066 kantor bank atau titik layanan penukaran uang yang tersebar di seluruh Indonesia, meningkat 8 persen jika dibandingkan tahun 2022 sejumlah 4.689 titik layanan," ujar Suryono.

Layanan penukaran uang di Kepri akan dipenuhi melalui kas keliling Bank Indonesia dan perbankan di 155 titik mulai 21 maret hingga 20 april 2023, dimana masing-masing orang bisa menukarkan uang maksimal Rp 3,8 juta r berbagai pecahan rupiah.

"Masing-masing orang bisa menukarkan uang maksimal Rp3,8 juta, penukarannya bisa melalui perbankan, mobil kas keliling yang akan ada di pelabuhan hingga pasar-pasar. BI tidak melayani penukaran uang di kantor BI, kami hanya menyiapkan uangnya saja," ujar dia.

Penukarannya bisa melalui perbankan,mobil kas keliling yang akan ada di pelabuhan hingga pasar-pasar, masyarakat dapat mengakses informasi jadwal kas keliling Bank Indonesia dan tata cara penukaran uang pada tautan https://pintar.bi.go.id (red)
Lebih baru Lebih lama