KEREN, SMP N 26 BATAM LAUNCHING APLIKASI TANJAK, PERMUDAH URUSAN DI SEKOLAH

KEREN, SMP N 26 BATAM LAUNCHING APLIKASI TANJAK, PERMUDAH URUSAN DI SEKOLAH

KEREN, SMP N 26 BATAM LAUNCHING  APLIKASI TANJAK

Kepala sekolah SMP N 26 Batam, Zefmon Prima Putri,Spd  ( foto;Liston)


INEWSKEPRI.COM | BATAM- SMP Negeri 26 Batam tak salah menyandang nama sebagai salah satu unggulan dikota Batam, karena selama ini sekolah tersebut memiliki segudang prestasi baik akademik maupun non akademik. 
 

Baru baru ini sekolah yang berlokasi di kecamatan Batu aji ini berhasil meluncurkan satu aplikasi yang diberi nama “ TANJAK 26 ” yakni singkatan dari Tatanan Jaringan Digital Sekolah.

Nama Tanjak sengaja diambil, karena Tanjak merupakan salah satu budaya kebanggaan khas tanah Melayu.

Tanjak Apps saat ini telah didownload lebih dari 2.000 pengguna, baik siswa maupun para orang tua siswa. Angka tersebut tergolong besar karena hanya dalam waktu beberapa saat setelah rilis di Play Store.

Kepala sekolah SMP N 26 Batam Zefmon  Prima Putri, Spd menyebutkan aplikasi baru yang dibuat ini sebagai karya inovasi perubahan di sekolah yang berbasis digital dan android.

Tujuan pembuatan disebutkan karena selama ini terjadi berbagai permasalahan didalam mendokumentasikan berbagai dokumen sekolah, seperti penumpukan file yang begitu banyak dan boros kertas.

“Karena itu kami berfikir membuat inovasi yang bisa mebuat perubahan, dan terciptalah aplikasi yang diberi nama   TANJAK ini," kata Jefmon kepada inewskepri.com pada Selasa (07/03) diruang kerjanya.

Zefmon menjelaskan di aplikasi Tanjak ini ada lima Fitur bisa dilihat yakni Web sekolah, Kurikulum, Kesiswaan, Sarana-Prasarana dan Ketatausahaan.

KEREN, SMP N 26 BATAM LAUNCHING  APLIKASI TANJAK,PERMUDAH URUSAN DI SEKOLAH

Untuk fitur Web Sekolah ,berisikan informasi perkembangan di SMPN 26, seperti pelaksanaan PPBD , ekstrakurikuler dan lain demi kemajuan sekolah.

Untuk Fitur Kurikulum, memuat semua dokumen terkait pembelajaran, mulai perangkat yang disiapkan guru, bank soal, dan inormasi siswa dalam mengikuti ujian sekolah. 

 

Yang ketiga Fitur Kesiswaan, memuat kegiatan Osis , dan absensi siswa yang, sehingg apabila ada siswa yang sakit , bias langsung melaporkan dalam Fitur inibaik foto maupu surat keterangan sakit dari dokter.

Keempat Fitur Sarana Prasarana , yang memuat semua data sekolah, dan bias diakses kapanpunoleh semua guru . Kelima adalah Fitur Ketata usahaan, yang berisikan file tentang administrasi ketata usahaan dan surat menyurat.a.

“Harapan kami dengan adanya aplikasi ini, semua elemen yang ada disekolah bisa tertata rapih, mudah diakses dan bermanfaat untuk semua orang.”pungkasnya.

KEREN, SMP N 26 BATAM LAUNCHING  APLIKASI TANJAK,PERMUDAH URUSAN DI SEKOLAH

Guru SMP N 26, Sumadi Spd , yang menciptakan aplikasi Tanjak ini menyebutkan menghadirkan aplikasi berbasis android ini mengingat 90 persen masyarakat memiliki Android, dibuat ramah user, sehingga aplikasi ini hadir mempermudah pekerjaan sekolah.

“Tidak bisa dipungkiri kalau kita harus mengikuti kemajuan teknologi dan kalau juga harus bisa membuat sesuatu karya disekolah,”kata Sumadi.

KEREN, SMP N 26 BATAM LAUNCHING  APLIKASI TANJAK,PERMUDAH URUSAN DI SEKOLAH
 

Sumadi menyebutkan saat ini SMP Negeri 26 Batam merupakan satu dari 4 sekolah dan juga dari berbagai OPD dikota Batam yang ditunjuk mewakili Batam untuk mengikuti lomba Inovasi yang digelar Kementerian dan Perdagangan RI. (red)

Lebih baru Lebih lama