Bumikan Zona Integritas di Daerah, Kementerian PANRB Gelar Pencanangan ZI Serentak

Bumikan Zona Integritas di Daerah, Kementerian PANRB Gelar Pencanangan ZI Serentak

Bumikan Zona Integritas di Daerah, Kementerian PANRB Gelar Pencanangan ZI Serentak

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto

 

INEWSKEPRI.COM|BATAM-Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di tingkat pemerintah daerah, dinilai masih belum masif. Untuk itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menetapkan strategi percepatan pembangunan ZI di tingkat pemerintah daerah, melalui program yang disebut dengan One Local Government One Zona Integritas (OLGOZI).
 

Program ini bertujuan sebagai strategi percepatan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di tingkat pemerintah daerah. 

Sebagai langkah awal program tersebut telah dilakukan pencanangan ZI serentak untuk wilayah Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Kalimantan Tengah, serta Provinsi Sulawesi Selatann, di WBP Hotel Batam, pada Rabu, (04/10).


Pelaksanaan pencanangan ZI ini dilakukan oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas bersama seluruh Gubernur/Bupati/Wali Kota se-Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Kalimantan Tengah, dan Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Bumikan Zona Integritas di Daerah, Kementerian PANRB Gelar Pencanangan ZI SerentakPencanangan ZI oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas bersama seluruh Gubernur/Bupati/Wali Kota se-Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Kalimantan Tengah, dan Provinsi Sulawesi Selatan

 

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto mengatakan program OLGOZI menargetkan, agar setiap pemerintah daerah paling tidak memiliki unit kerja strategis yang mendapat predikat WBK/WBBM. Diharapkan, program tersebut mampu menjadi salah satu solusi konkret untuk mendorong pemerintah daerah dalam membangun ZI dan mengawalnya hingga unit-unit kerja strategis di pemerintah daerah menjadi unit kerja yang bersih dan akuntabel, serta memiliki pelayanan publik yang prima.

 

“Selanjutnya, pelaksanaan program ini diharapkan mampu menjadi stimulus bagi unit kerja lain dan sehingga akan melahirkan semakin banyak unit kerja yang memperoleh predikat WBK/WBBM di pemerintah daerah,” ujar Deputi Erwan, 

 

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan program OLGOZI akan menjadi solusi untuk mendorong pemerintah daerah dalam membangun zona integritas.

 

“Kita harapkan semua mengawalnya hingga unit-unit kerja strategis di pemerintah daerah tersebut dalam memperoleh predikat wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi dan bersih melayani,” kata Ansar, di Batam.

 

Selain itu, pihaknya juga turut mengepresiasi atas terpilihnya Provinsi Kepulauan Riau sebagai pilot project atau wilayah percontohan pelaksanaan program OLGOZI.

 

“Alhamdulillah Provinsi Kepulauan Riau telah terpilih sebagai pilot project pelaksanaan program ini pencanangan ini sekaligus menandai deklarasi Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang telah siap membangun zona integritas,” kata Ansar.(red)

Lebih baru Lebih lama