Kakan Kemenag Batam sebut Pelaksanaan Haji 2023 Balik Normal

Kakan Kemenag Batam sebut Pelaksanaan Haji 2023 Balik Normal

Kakan Kemenag Batam sebut Pelaksanaan Haji 2023 Balik Normal

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkarnain Umar ( Foto;Liston)

INEWSKEPRI.COM | BATAM - Kabar gembira datang dari tanah suci. Tahun 2023 ini, Indonesia mendapatkan kuota haji sebanyak 221 ribu orang.

Kuota itu terdiri atas 203.320 jamaah haji reguler, 17.680 jamaah haji khusus, dan 4.200 kuota petugas haji.

Kuota ini terhitung sudah kembali normal karena sebelum pandemi pada 2019 lalu, kuota jamaah Indonesia mencapai 218.150 orang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkarnain Umar menyebutkan, meski sudah mendapat kepastian bahwa pelaksanaan haji sudah normal, namun terkait penambahan jumlahnya untuk Batam belum diterima hingga saat ini.

Berkaca dari tahun sebelumnya sewaktu pelaksanaan ibadah haji masih berjalan normal, Zulkarnain menyebutkan jumlah jamaah asal Batam yang akan diberangkatkan sekitar 600 orang.

"Insyaallah, sesuai berita yang sampai kekita bahwa tahun ini keberangkatan zamaah kembali normal," kata Zulkarnain,Senin (9/2/2023).

Namun demikian, hingga saat ini kementerian agama kota Batam juga belum mendapatkan info teknis terkait persiapan manasik haji, baik untuk tingkat kecamatan maupu untukm tingkat kota.

"Kita belum tau berapa kali untuk manasik kali ini untuk kecamatan atau kota, kita masih menunggu,"tutupnya.

Dengan normalnya kembali kuota yang didapat, maka semangat dan optimisme calon jamaah haji Indonesia khususnya kota batam, yang sudah lama menanti pun akan kembali tumbuh.(Ton/InK)

Lebih baru Lebih lama