50 Jurnalis Batam ikuti Pelatihan Tangkal Berita Hoaks

50 Jurnalis Batam ikuti Pelatihan Tangkal Berita Hoaks

50 Jurnalis Batam ikuti Pelatihan  Tangkal Berita HoaksKabiro LKBN Antara Kepri, Yuniati Jannatun Naim dampingi Ketua Dewan Pengawas Perum LKBN Antara Prof. Dr. Widodo Muktyo   ( ft:liston )


INEWSKEPRI.COM | BATAM - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA menggelar acara pelatihan bagi jurnalis Batam melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Rabu (22/2/2023).

Kegiatan yang digelar di Hotel Haris Batam Center mengangkat tema: " Peran jurnalis di tengah penyebaran informasi hoax di masyarakat".

Pelatihan yang diikuti 50 jurnalis Batam ini mendatangkan narasumber staf khusus Menkominfo RI sekaligus Ketua Dewan Pengawas Perum LKBN Antara Prof. Dr. Widodo Muktyo.

"Saya kira wartawan jadi pilar ke empat demokrasi dalam khasanah praktis, dalam dunia masyarakat terutama di Batam," kata Widodo.

Dengan begitu ia menjelaskan LKBN ANTARA yang merupakan institusi yang berada dibawah BUMN mengajak semua media untuk bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat dan meminimalisir berita hoax.

"Agar masyarakat tahu, mulai tidak menggapai itu. Kalau tidak diikuti masyarakat, maka hoax itu akan hilang," ujar dia.

"Karena bangsa Indonesia sudah dipercaya, dulu G20 sekarang keketuan ASEAN dan ini adalah wujud bagaiman informasi menjadi oksigen bangsa, yg menjadi makan menyehatkan bagi masyarakat. Jangan menjadi racun," tambah Widodo.

Lebih lanjut, Widodo berharap kepada jurnalis media untuk segera mendaftar ke Dewan Pers sebagai kontrol yang lebih legal.

"Kalau yang belum terdata pemerintah juga tidak mengakui dan masyakar akhirnya tidak mengakui. Oleh sebab itu saya kira menjadi tugas kita termasuk teman-teman yang punya media silahkan daftar ke dewan pers sebagai kontrol yang lebih legal," tutupnya ( r
Lebih baru Lebih lama