Ketua IPSI Kepri Sugianto Dorong Pencak Silat Masuk Kurikulum di Sekolah

Ketua IPSI Kepri Sugianto Dorong Pencak Silat Masuk Kurikulum di Sekolah

Ketua IPSI Kepri Sugianto Dorong Pencak Silat Masuk Kurikulum di Sekolah

Ketua IPSI Kepri, Sugianto bersama seluruh jajaran pengurus membacakan ikrar IPSI ( foto : liston )

 

INEWSKEPRI.COM | BATAM - Ketua Pengurus Provinsi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kepulauan Riau, Sugianto mendorong olahraga seni beladiri Pencak Silat untuk diperkenalkan sejak dini di sekolah-sekolah melalui program Ekstrakurikuler.

Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya pelestarian seni olahraga beladiri pencak silat sebagai warisan budaya nusantara.

“Pencak Silat adalah warisan budaya asli Indonesia. Oleh karenanya, kita sebagai anak bangsa wajib melestarikan Pencak silat ini. Tadi kami juga sudah titip kepada pak Gubernur yang diwakili Dispora Kepri agar pencak silat dapat dimasukkan dalam kurikulum wajib tingkat SMP dan SMA,” ujar Sugianto usai pelantikan di Asrama Haji, Sabtu (18/2/2023).

Ketua DPRD kota Batam Nuryanto ditempat sama mendukung penuh program yang disampaikan IPSI Kepri.

Nuryanto menyebutkan pencak silat merupakan warisan budaya bangsa yang harus dikembangkan, dilestarikan,dijaga dan dirawat sehingga bermanfaat dan menjadi jati diri Indonesia.

Pria yang biasa disapa Cak Nur ini mengatakan seluruh pihak memiliki tanggung jawab dengan perkembangan pencak silat.

“Saya sepakat apabila pencak silat menjadi kurikulum ekstrakurikuler, mulai dari tingkat SD,SMP hingga SMA, maka kita harus bisa bersinergi dengan dinas terkait yang ada di kota maupun di provinsi Kepri,”katanya.

Keinginan Sugianto itu disambut baik oleh Pengurus Pusat IPSI melalui Wakil Ketua Umum Sugiono.

“Kita mendukung hal itu dan semoga pengurus IPSI kepri dapat membawa Pencak silat ke level yang lebih baik lagi,” imbuhnya.

Ia pun menyampaikan permohonan maaf dari Ketua Umum IPSI Prabowo Subianto yang berhalangan hadir, dan mengucapkan selamat kepada pengurus IPSI yang baru dilantik.

“Menjadi pengurus IPSI adalah panggilan sekaligus kehormatan. Karena Pencak silat bukan sekedar olahraga, lebih dari olahraga pencak silat adalah beladiri, lebih dari beladiri, pencak silat adalah warisan budaya dari nenek moyang kita yang harus dilestarikan,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Ketua Umum PB IPSI, Sugiono, Wakil Sekretaris Jendral PB IPSI, Arko Murjoko, Ketua KONI Kepri, Usep RS, Kadispora Kepri, Anggota DPRD Kepri, Asmin Patros, Ketua DPRD Batam, Nuryanto, Wakajati Kepri dan Dansat Brimob Polda Kepri. Hadir juga, Tokoh Masyarakat Kepri sekaligus sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Pengprov IPSI Kepri, Dr. Soerya Respationo, Wakil Ketua III DPRD Batan, Ahmad Surya, Anggota DPRD Batam, Hendrik, Sesepuh Pencak Silat, Razaki Persada serta Ketua IPSI Kepri, Sugianto dan seluruh pengurus IPSI Kepri. ( r )
Lebih baru Lebih lama